Menentukan harga jual rumah

Anda ingin menjual rumah? tetapi masih bingung bagaimana menentukan harga rumah, harus dibuka di harga berapa kepada calon pembeli. Saya coba menceritakan bagaimana caranya berdasarkan pengalaman saya sebagai agent property.

Apabila anda ingin menjual rumah dan sedang mau menentukan harga rumah anda, caranya adalah :

1. Cek harga-harga rumah yang dijual di sekitar anda, utamakan cek yang paling dekat dengan anda, karena biasanya beda cluster beda harga. Kadang ada cluster yang lebih elit atau lebih murah, jadi jangan bandingkan rumah anda dengan yang tidak sejenis. Bandingkan dengan yang sejenis, yang paling dekat dengan rumah anda dan sama secara luas tanah dan bangunan. Kemudian ada juga faktor lain yang membedakan seperti kondisi bangunan nya baru atau perlu renovasi, bahan bangunan yg berkualitas atau tidak, interior rumahnya mahal2 atau tidak, dan banyak hal lainnya, semua sangat berpengaruh. Jika kesulitan mendapatkan perbandingan yang sejenis, kita coba cara kedua berikut.

2. Cara kedua, masih sama dengan cara pertama yaitu harus cek harga-harga rumah sekitar anda, juga cek harga tanah kavling di sekitar rumah anda yang dijual berapa harga satu meter nya. Sekali lagi, harus cek yang di sekitar anda. Jika sudah dapat harga2 nya, anda dapat mengkombinasikan harga rumah dijual dan harga tanah kavling ini untuk menentukan harga jual rumah anda. Caranya yaitu : misalnya anda sudah dapat harga tanah kavling berapa per-meter nya, maka coba hitung sendiri luas tanah rumah anda berapa meter dikalikan harga permeter kavling tanah yang anda dapatkan tadi, kemudian ditambah lagi dengan luas bangunan rumah anda dikalikan harga permeter bangunnya.

Contoh : – Harga tanah kavling dibuka Rp 8 juta/meter
– Luas tanah rumah anda : 96 meter
– Luas bangunan rumah anda : 60 meter
– Maka : Luas tanah rumah anda 96 meter dikalikan dengan 8 juta = 96 x 8juta = Rp 768 juta.
Luas Bangunan rumah anda 60 meter dikalikan dengan harga bangunan sekarang berapa permeter nya, misalnya 4 juta/meter, tetapi karena bangunan rumah anda sudah lama, dapat anda toleransi menjadi 3 juta/meter. Jadi 60 x 3juta = 180 juta.
Maka Totalnya adalah 768 juta + 180 juta = Rp 948 juta.

Dari harga yang didapat itu, coba bandingkan lagi dengan harga-harga rumah lain yang dijual disekitar rumah anda, apakah sudah sesuai atau terdapat selisih yang jauh. Dipelajari lagi kenapa berbeda, apakah karena interior rumah atau faktor lain.

Diatas tersebut adalah cara untuk menentukan harga rumah saja. Anda dapat menambahnya lagi untuk harga negosiasi atau mau jual lebih mahal, atau menguranginya lagi untuk menjual nya lebih cepat.

Kemudian biasanya terjadi negosiasi antara pembeli dan penjual. Jika pembeli tersebut berminat akan memberikan penawaran harga, keputusan ada di tangan penjual, apakah mau melepas di harga penawaran tersebut atau tidak.

Tidak ada ketentuan yang pasti untuk harga Deal transaksi rumah anda. Kadang ada penjual yang menjual rugi, kadang juga ada pembeli yang tetap mau membeli walaupun rumah itu mahal diatas harga pasaran (karena ada sesuatu nilai bagi pembeli tersebut, banyak faktornya).

Semoga article ini dapat memberikan sedikit inspirasi bagi anda, saya cuma sharing pengalaman saya saja sebagai agent property.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *