Hal hal yang perlu diperhatikan saat transaksi jual beli property

Dalam trhal hal yang perlu diperhatikan dalam tranksi jual beli rumahansaksi jual beli property apapun bentuknya, ada hal-hal yang perlu diperhatikan selain surat-surat legalitas property tersebut. Berikut hal hal tersebut, sepele namun penting :

  • Pembayaran
    • Bagi pembeli, setelah anda sepakat dengan penjual mengenai harga deal transaksi, anda harus bicarakan di awal mengenai pembayaran. Misal nya anda akan mencairkan deposito pada tanggal sekian dan sekian, baru dapat transfer uang pelunasannya ke penjual pada tanggal sekian. Atau anda harus menunggu pembayaran dari proses rumah anda sendiri yang sedang dijual juga. Atau apapun itu dimana pembayaran harus menunggu, maka utarakan di awal mengenai itu kepada penjual rumah. Karena dalam bayangan mereka adalah sebuah transaksi yang normal, dimana ketika sertifikat setelah selesai di cek di BPN, sudah siap AJB, maka segera mereka mendapat pelunasan uang. Jika penjual tidak bisa menunggu, mereka akan katakan tidak bisa menunggu sejak pembicaraan di awal. Sehingga transaksi tidak bisa dilanjutkan. Begitu lebih baik, daripada jika nanti terjadi pertikaian antara penjual dan pembeli dikarenakan pelunasan yang tidak awam, yang tidak diberitahukan pembeli sejak awal.
  • Biaya Transaksi
    • Biaya transaksi juga harus dibahas sejak awal bagi penjual dan pembeli. Dalam transaksi normal, tidak perlu penjelasan lagi bahwa penjual hanya dikenakan biaya pajak penjual. Kemudian untuk transaksi sertifikat yang masih PPJB dengan developer, biaya penjual adalah pajak penjual dan biaya admin pengalihan hak (ada juga developer yang mengenakan PPN lagi). Tetapi┬átidak tertutup kemungkinan biaya-biaya tersebut tidak seperti umumnya, misalnya penjual memberikan harga dimana dia tidak dikenakan biaya apapun lagi. Jika anda tidak setuju, tinggalkan ! jika anda setuju lanjutkan dan lakukan transaksi dengan nyaman sesuai yang disepakati di awal. Begitu juga sebaliknya apabila ada biaya pembeli yang ingin ditanggung penjual, bicarakan di awal. Sebaliknya juga jika penjual tidak setuju, dia akan meninggalkan anda, dan mencari pembeli lain. Apabila tidak ada pembicaraan di awal, maka yang berlaku adalah biaya transaksi umum bahwa penjual hanya dikenakan pajak penjual (kadang dikenakan┬ájuga biaya validasi pajak untuk penjual oleh notaris).
  • Serah terima rumah
    • Bagi penjual, apabila penjual perlu waktu untuk mengosongkan rumah misalnya penjual perlu mencari rumah pengganti dulu maka penjual harus mengutarakan itu di awal transaksi dengan pembeli rumah yang sekarang ini. Karena dalam mindset pembeli adalah, setelah membayar lunas, maka langsung serah terima rumah. Kemudian tepati janji anda, lakukan transaksi dengan baik dan nyaman.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *